Memahami Ciri-ciri dari Perusahaan Asuransi Syariah

Ciri-ciri asuransi syariah
Ciri-ciri asuransi syariah

Produk asuransi syariah merupakan salah satu jenis asuransi yang banyak diminati karena memberikan rasa aman dan lebih meyakinkan. Zaman yang modern ini memberikan banyak orang pilihan dalam hidupnya. Ketika ingin mengelola keuangan yang dimiliki untuk dialihkan kepada hal yang bermanfaat maka memiliki asuransi bisa dijadikan pilihan. Keberadaan asuransi akan memudahkan kita dalam mencegah kemungkinan buruk yang tidak akan menimbulkan resiko yang lebih besar. Asuransi merupakan salah satu bentuk tabungan kita untuk masa depan.

Perbedaannya hanya terletak kepada jenis produk tabungan dan juga pengaplikasian dana yang sudah terkumpul. Jika kita merasa ragu dengan produk asuransi, dari segi layanan dan juga pengelolaan dana yang sudah kita setorkan dalam bentuk premi. Maka asuransi dengan landasan prinsip syariah akan memberikan keterbukaan dalam pengelolaan dana yang dimiliki. Memiliki pendapatan yang terbatas dan tidak bisa menyisihkan uang untuk dijadikan dana cadangan. Tentunya jika mengalami kemungkinan buruk dalam hidup akan memberikan imbas negatif dan memicu stress.

Jika selama ini kita kerap melihat praktek asuransi yang kurang transparan dan seolah dana yang dimiliki tidak mendatangkan manfaat seperti perjanjian awal. Maka, berikut adalah ciri dari asuransi yang berbasis syariah yang perlu diketahui:

  1. Resiko yang dialami nasabah akan ditanggung bersama (risk sharing) antara nasabah dengan perusahaan asuransi.
  2. Adanya proses bagi hasil dana yang terkumpul di perusahaan asuransi tersebut, jika nasabah tidak pernah mengajukan klaim dalam kurun waktu satu tahun.
  3. Dana yang ada akan dialihkan ke perusahaan yang juga menganut prinsip syariah, baik jasa, niaga, obligasi, dan lain sebagainya.

Protofolio dari pengelolaan dana akan dilaporkan secara detail dan transparan kepada nasabah sehingga yakin manfaat dana kita akan bernilai lebih untuk orang lain. Prinsip syariah memang patut disebarluaskan ke dalam berbagai jenis perusahaan pengelolaan keuangan. Prinsip syariah yang mengutamakan sama-sama paham dari kedua belah pihak akan menghapuskan kemungkinan terjadinya riba. Jika ingin aman dunia dan akhirat maka memanfaatkan produk asuransi syariah bisa dipilih, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>