Hati-hati Makanan yang Bisa Terkena Penyakit

aneka kue dan biskuit enak lezat

Hati-hati makanan yang bisa terkena penyakit! Ada makanan tertentu dikenal dengan manfaatnya yang menyehatkan, ada pula yang memang kurang sehat. Namun, kadang tetap saja kita tidak bisa lepas dari makanan-makanan tidak sehat ini.

Oleh karena itu, mari lihat beberapa makanan yang bisa terkena penyakit. Ya, kamu bisa terkena penyakit akibat konsumsi berlebihan atau cara yang salah.

Daftar Makanan yang Bisa Terkena Penyakit

Biskuit dan kue-kuean

Aneka Biskuit

Sudah bukan rahasia lagi kalau biskuit dan kue-kuean mengandung banyak garam, gula dan lemak trans. Lemak trans sendiri digunakan untuk memperlama masa kadarluarsa dan meningkatkan tekstur makanan. Penggunaan bahan ini sendiri masih menghadirkan pendapat yang berbeda. Beberapa pakar menyebutkan bahwa kandungan tersebut jadi pemicu penyakit diabetes, penyakit jantung dan kanker. Jika terdapat kandungan hydrogenated ataupun partially hydrogenated di label maka biskuit atau kue tersebut memiliki kandugan lemak trans.

Nuget ayam

nikmatnya makan nugget ayam

Siapa tidak kenal kepraktisan nuget ayam? Rasanya enak dan memasaknya gampang. Namun, ternyata, nuget ayam memiliki kandungan 50% lemak dan punya lebih banyak kandungan karbohidrat ketimbang protein. Selain itu, nuget ayam juga punya banyak kandungan MSG serta makanan ini harus digoreng. Konsumsi yang berlebihan terhadap MSG dapat menyebabkan kanker, kerusakan sel jaringan otak dan alergi. Sementara itu, karbohidrat yang terlalu berlebih dapat memicu terjadinya penyakit diabetes. Apalagi, biasanya nuget ayam dimakan bersama dengan nasi putih.

Sereal

sereal susu yang nikmat

 

Kemungkinan besar banyak yang menganggap bahwa sereal adalah makanan sehat. Kebanyakan sereal juga pada umumnya diperkaya dengan nutrisi berupa mineral dan vitamin. Ini karena jika tidak diperkaya lagi, sereal hanyalah makan biasa yang memiliki kandungan gula yang tinggi. Gula tersebut juga biasanya berasal dari gula jagung yang murah. Dari penelitian yang dilakukan, hewa pengerat yang mengonsumsi gula jagung secara terus-menerus dapat mengalami tumor.

Baca Juga : Segudang Manfaat memiliki asuransi kesehatan

Keripik kemasan dan cemilan berbumbu

keripik pedas dan bikin ketagihan

Keripik kemasan memang sering kali jadi favorit cemilan namun kandungan MSG-nya begitu tinggi. Komposisi lainnya juga biasanya cukup berbahaya sehingga dapat menyebabkan penyakit kanker. Sementara itu, cemilan berbumbu meningkatkan obesitas. Jadi, kamu yang tidak ingin terkena penyakit kanker dan obesitas, mulailah perlahan-lahan mengurangi konsumsi cemilan yang benar-benar tidak sehat ini.

Jeroan

sop jeroan yang menggoda

Di Indonesia khususnya, jeroan jadi favorit masyarakat. Namun, mungkin kamu pernah baca berita atau informasi terkait bahaya jeroan. Tahukah kamu bahwa di beberapa negeri bahkan melarang konsumsi jeroan lho! Mengapa? Jeroan sendiri atau organ tubuh hewan yang punya fungsi untuk pencernaan makanan dan menetralkan racun di dalam tubuh hewan tersebut cukup berbahaya.

Sebagai contoh, organ hati punya kandungan senyawa racun yang lebih banyak daripada organ lainnya. Ini karena organ hati sering kali jadi tempat penumpukan racun. Jadi, kamu bisa bayangkan kalau yang kamu makan sebenarnya adalah ‘sampah’. Begitu juga dengan usus yang sering kali berisi kotoran. Memang jeroan punya kandungan gizi yang baik pula seperti protein dan asam folat tetapi kadar purin yang cukup tinggi bisa menyebabkan asam urat.

Nah, mulai sekarang, ada baiknya kita untuk cek ulang daftar menu harian. Evaluasi pula secara berkala apa saja yang kamu makan. Dengan begitu, kamu bisa lakukan perbaikan terkait menu harianmu. Kamu pasti ingin lebih sehat, bukan? Cara satu-satunya tentu saja makan makanan yang sehat, hindari dan hati-hati makanan yang bisa terkena penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>